Kamis, 07 Juni 2012

Kenali Budaya Lewat Mengakrabi Budaya

Acara mengakrabi budaya ini bertujuan agar siswa SMA Labschool dapat mengenal aneka budaya seperti bahasa, makanan khas dan pakaian adat di dunia.

Mengakrabi budaya di Kampung Parakan Ceuri, Desa Pusaka Mulya, Purwakarta, Jawa Barat (Foto: PelitaOnline | Wiyanto)
Purwakarta, PelitaOnline – WALAU sudah berjaket udara sore yang dingin mulai terasa menyergap kulit, namun suasana keakraban dalam acara mengakrabi budaya di Kampung Parakan Ceuri, Desa Pusaka Mulya, Purwakarta, Jawa Barat, terasa menghangatkan tubuh.

Sabtu (22/10), terlihat siswa menginformasikan budaya nusantara seperti Betawi, Lampung, Nusa Tenggara, Palembang. Selain itu diberitahukan pula budaya manca negara, seperti Arab Saudi, Spanyol, Jepang kepada masyarakat Kampung Parakan Ceuri.

Menurut Guru pemandu SMA Labschool Jakarta Epidayanty, acara mengakrabi budaya ini bertujuan agar siswa dapat mengenal aneka budaya seperti bahasa, makanan khas dan pakaian adat di dunia. Kesan yang dibangun kepada siswa adalah betapa kayanya budaya yang ada di Indonesia dan dunia.

"Siswa dituntut memberikan informasi mengenai pakaian budaya yang dikenakan dan menceritakan seperti apa budaya dan makanannya serta sedikit mengucapkan bahasa asal,” jelasnya di Purwakarta, Sabtu (22/10).

Dalam kegiatan ini, para siswa dibagi ke dalam 30 kelompok, dan terdapat delapan siswa di tiap kelompoknya. Para siswa pun mengikuti acara ini dengan penuh keceriaan. Acara juga semakin seru tatkala terdapat siswa yang gugup dalam menyampaikan presentasinya.

Salah satu peserta yakni Kalila Natyaning Astri, siswi kelas XVI mengaku menjadi lebih mengenal budaya di nusantara dan dunia. Siswi yang akrab dipanggil Naya itu, merasa lega ketika sudah mempresentasikan budaya Lampung di hadapan teman-teman dan masyarakat kampung sekitar.

"Sebelum acara berlangsung kita sudah cari bahan di sekolah. Bahkan untuk pakaian adat Lampung yang kita kenakan dibuat sendiri, karena itu sudah anjuran guru agar kita tidak menyewa,” tuturnya.

 Wiyanto

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar